Pages

Wednesday, September 19, 2018

5 Pilar Atasi Stunting di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Stunting (gagal tumbuh) atau kurang gizi kronis yang kerap disebut gizi buruk telah menjadi masalah serius yang tengah dihadapi Indonesia. Pemerintah getol melakukan berbagai program pengentasan stunting terutama di daerah.

Deputi Setwapres Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Bambang Widianto menjelaskan, saat ini ada lima pilar penting yang harus dilakukan agar semua program pengentasan stunting bisa sukses berjalan.

Dia menyebutkan lima pilar penting penanganan stunting tersebut yaitu komitmen, kampanye, konvergensi program, akses pangan bergizi dan monitoring progam.

"Dari pengalaman negara lain memang komitmen pemerintah sangat penting makanya rapat-rapat stunting di bawah Presiden sendiri yang memimpin rapat," kata Bambang di Jakarta, Rabu (19/9/2018).

Pilar kedua yaitu kampanye yang berisi konsolidasi dan edukasi bagi semua pihak yang terlibat.

"Pilar yang sangat penting yang ketiga ini konvergensi tadi yang disampaikan berkali kali oleh Bank Dunia bahwa memang kelemahan kita tantangan kita terbesar adalah konvergensi dari program," ujarnya.

Bambang mengungkapkan, sudah banyak kementerian dan lembaga yang melakukan berbagai program untuk mengentaskan stunting. Namun program-program tersebut belum terintegrasi dengan baik.

"Ternyata kita ini punya berbagai macam forum resmi kita punya tapi kita nggak punya atau tidak punya tempat dimana kita bisa mempersatukan program tersebut."

Dia menjelaskan, kementerian dan lembaga terkait harus lebih sering duduk bersama agar konvergensi tersebut bisa terwujud.

"Saya ingin program-program kita semua itu ada di suatu kabupaten/desa apalagi kalau ditambanh dengan APBD. Jadi nih kelemahan yang berusaha kita sekarang ini ingin perbaiki."

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3647627/5-pilar-atasi-stunting-di-indonesia

No comments:

Post a Comment