Pages

Tuesday, September 4, 2018

Terbukti, dari Seluruh Model Mobil VW Cuma Setengah yang Sesuai Standar Polusi

Investigator U.S. menemukan perangkat lunak ilegal yang terdapat pada Mercedes-Benz diesel. Perangkat lunak tersebut diduga membantu mobil Mercedes-Benz diesel untuk lolos uji emisi.

Dilansir Bild am Sonntag, investigator menemukan fungsi manajemen mesin yang disebut 'slipguard'. Fungsi tersebut aktif pada saat mobil akan diuji di laboratorium.

Dilansir Autonews, mengutip sebuah dokumen internal, fungsi lainnya adalah 'Bit 15' yang mematikan fungsi pembersih emisi setelah berkendara sejauh 25,7 km. Fungsi tersebut akan membuat mobil mengeluarkan emisi NOx sebanyak 10 kali lebih tinggi dibanding standar emisi yang berlaku.

Informasi tersebut mengutip kepada sebuah pertanyaan dalam surat elektronik pihak internal milik insinyur Mercedes-Benz, yang mempertanyakan fungsi perangkat lunak tersebut ilegal atau tidak.

Pembicara dari Daimler menolak untuk berkomentar mengenai isi dari dokumen tersebut. Yang pasti, pihaknya akan berkoordinasi penuh dengan pihak berwajib. "Pihak berwajib mengetahui isi dokumen tersebut, belum ada komplain yang dilayangkan, " ungkapnya.

Daimler saat ini berada dalam investigasi pihak U.S. dan Jerman untuk dugaan. Jika benar ada kecurangan, akan ada penalti dan mobil diesel Mercedes-Benz akan direcall.

Kasus yang tengah menimpa Mercedes-Benz pernah terjadi pada Volkswagen tahun 2015 lalu. Saat itu, mobil diesel Volkswagen disemati dengan perangkat lunak agar standar emisi terpenuhi saat pengujian laboratorium.  

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/otomotif/read/3635991/terbukti-dari-seluruh-model-mobil-vw-cuma-setengah-yang-sesuai-standar-polusi

No comments:

Post a Comment