Pages

Tuesday, September 4, 2018

Sindiran Pedas Ridwan Kamil pada Pengelola Pasar Gedebage Bandung yang Terbakar Lagi

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Kota Bandung menyalahkan pengelola Pasar Gedebage, PT Ginanjar, yang tidak bisa memperhatikan standar keamanan sehingga kebakaran di pasar tersebut sering terjadi. Perusahaan tersebut adalah pihak swasta yang digandeng Pemkot untuk mengelola pasar yang berdiri sejak 1980an itu.

"Pertama, tanggung jawab terhadap konsumen karena rata-rata membeli Rp 50-70 juta per kios, tapi tanpa kelengkapan keamanan," ujar Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, di Bandung, Selasa (4/9/2018), dilansir Antara.

Pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan, PT Ginanjar selaku pengelola pasar itu tidak memperhatikan keamanan dan keselamatan para pedagang. Salah satunya penyediaan alat pemadam kebakaran.

Akibatnya, kebakaran yang melumat ratusan kios di Pasar Gedebage pada Senin sore, 3 September 2018, tidak bisa ditanggulangi lebih awal. "Kalau api kecil harusnya bisa dipadamkan oleh tabung kecil itu yang harusnya disediakan oleh pihak swasta," kata dia.

Selain itu, pengelola pasar juga dinilai tidak profesional karena semrawutnya penataan kawasan pasar. Para pedagang kaki lima (PKL) memenuhi badan jalan yang semakin menyulitkan gerak mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api.

"Intinya, jangan mengejar duit tetapi mengabaikan keselamatan," kata dia seraya menambahkan bahwa Pemkot Bandung akan segera mengirimkan surat kepada pihak pengelola menuntut pertanggungjawaban.

Kepala PD Pasar Gedebage Rijal Faisal mengatakan ada 219 kios pedagang yang terbakar. Akibat insiden ini, pihaknya akan mendirikan posko pengaduan guna dilakukan pendataan bagi korban terdampak kebakaran.

"Insyaallah kita dari PD Pasar mewakili pemerintah all out membantu pedagang meskipun sebenarnya semua ini ada di PT Ginanjar," kata dia.

Sebelum kebakaran terjadi Senin kemarin, Pasar Gedebage juga pernah dilalap api pada 15 Juli 2018. Saat itu, kerugian akibat kebakaran diperkirakan mencapai Rp 4,5 miliar.

Let's block ads! (Why?)

https://m.liputan6.com/regional/read/3636272/sindiran-pedas-ridwan-kamil-pada-pengelola-pasar-gedebage-bandung-yang-terbakar-lagi

No comments:

Post a Comment